Tips Memilih Sepatu Olahraga Untuk Melindungi Kaki

Tips Memilih Sepatu Olahraga Untuk Melindungi Kaki - Menikmati kegiatan olahraga sebaiknya memperhatikan tips memilih sepatu yang mendukung untuk kegiatan menyehatkan tersebut. Berolahraga membuat tubuh bergerak lebih banyak sekaligus lebih cepat dari biasanya. Kaki menjadi tumpuan penting untuk menunjang kegiatan olahraga lebih menyenangkan dan aman.

Tips Memilih Sepatu Olahraga

Sebab pada saat berolahraga beban kaki meningkat lima hingga sepuluh kali lebih berat dibandingkan beraktivitas secara biasa. Maka menggunakan sepatu yang tepat menjadi salah satu kebutuhan yang cukup wajib.

Memilih Sepatu Olahraga Terbaik

Memiliki sepatu olahraga yang mendukung kegiatan fisik ini memang perlu mempertimbangkan beberapa hal mendasar. Sebagai media membantu menemukan solusi sepatu yang tepat, beberapa tips memilih sepatu seperti berikut ini:

1. Sesuaikan dengan tujuan olahraga yang dipilih

Sepatu untuk kebutuhan olahraga biasanya disesuaikan desain dan materialnya dengan jenis olahraga tersebut. Sebagai contoh ialah sepatu untuk sepak bola yang didesain unik di bagian alasnya agak bergerigi untuk menancap kuat di tanah berumput. Maka sesuaikan dengan jenis olahraga yang ditekuni, jika olahraga lari di aspal dan di tanah. Pastikan sepatu disesuaikan dengan medan yang ditempuh saat lari.

2. Memilih sepatu yang sedikit lebih panjang

Saat berolahraga membuat kaki menopang berat tubuh berkali lipat, sehingga bebannya meningkat dengan kerja tubuh itu sendiri. Jika memilih sepatu yang terlalu longgar maka sepatu akan mudah terlepas dan tidak nyaman saat berjalan biasa. Namun jika terlalu sesak atau kekecilan sudah tentu akan menyakiti kaki, sehingga perlu dilonggarkan. Hindari memilih sepatu yang terlalu pas dengan panjang kaki, pilih sepatu yang sedikit memanjang di bagian ujung. Tips memilih sepatu satu ini memberikan ruang kosong bagi kaki untuk tidak bergesekan dengan material sepatu.

3. Sepatu yang tidak terlalu berat

Beberapa merk sepatu olahraga membuat sepatu produksinya memiliki berat yang lumayan, sehingga perlu diperhitungkan. Bagi yang memiliki tubuh berisi dan belajar menikmati olahraga cardio dalam bentuk jogging maupun lari santai. Usahakan untuk memilih sepatu yang ringan saja dan terbuat dari material yang lentur sehingga sedikit lebih ringan. Berapa berat sepatu olahraga yang dimiliki memiliki peran penting menunjang kenyamanan selama berolahraga. Sebab sepatu yang terlalu berat juga bisa berubah menjadi penyebab dari cedera pada kaki dan lutut.

4. Pergunakan kaos kaki yang terasa nyaman

Selama berolahraga jangan selalu menggunakan sepatu tanpa kaos kaki sebab membuat gesekan kulit kaki dengan sepatu semakin parah. Keringat pun akan langsung diserap oleh material sepatu sehingga kondisinya lembab dan aromanya kurang sedap. Menggunakan kaos kaki meningkatkan kenyamanan selama berolahraga, sekaligus melindungi kaki. Jika keliru memilih ukuran sepatu pun bisa dikoreksi dengan menambahkan kaos kaki. Kebersihan sepatu pun lebih terjamin, namun pastikan memilih kaos kaki dari bahan yang nyaman. Setidaknya bisa menyerap keringat dengan maksimal untuk mengurangi kelembaban dan menghindari bau tak sedap.

Sepatu yang nyaman dan dibuat khusus untuk menemani kegiatan olahraga menjadi modal untuk melakukan gaya hidup sehat. Tidak harus selalu memilih sepatu yang mahal dengan desain yang mencuri perhatian. Cukup sesuaikan dengan anatomi kaki, panjang dan lebar telapak kaki, sekaligus material yang cukup nyaman.

Sepatu yang bagus untuk berolahraga beberapa bisa diperoleh dengan harga yang sangat murah. Apabila menghendaki yang mahal pastikan ukuran dan desain sepatu tersebut memang sesuai dengan bentuk kaki. Memperhatikan tips memilih sepatu olahraga dengan baik membantu memilihkan yang sesuai kebutuhan. Baca juga tentang sepatu ardiles pada link http://antoniclianto.jaringanhosting.com/sepatu-ardiles/

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Memilih Sepatu Olahraga Untuk Melindungi Kaki"

Post a Comment