Mengenal Jenis Sertifikasi Cisco dan Cara Mendapatkannya

Seo.antoniclianto.web.id - Cisco merupakan sebuah perusahaan yang memiliki dua bidang usaha, yang pertama adalah di dalam pembuatan hardware dan software yang erat kaitannya dengan jaringan komputer. Kemudian yang kedua adalah di bidang pendidikan yaitu dengan Cisco Networking Academy (CNA).

Cisco System adalah perusahaan pertama yang mampu mengeluarkan sebuah router yang mendukung daya kerja beberapa protokol jaringan secara komersial. Protokol jaringan ini selanjutnya dikembangkan menjadi beberapa protokol baru yang dikenal dengan istilah cisco proprietary network protokol. Beberapa diantaranya adalah : Cisco Discovery Protocol (CDP), Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP), dan VLAN Trunking Protocol.

Hardware yang diproduksi saat ini oleh Cisco System adalah Router, Switch, Catalyst, Firewall, Pesawat VoIP, Wireless Access Point dan jenis yang lainnya. Cisco dapat menciptakan software pendukung kerja dari hardware yang telah tersedia sebelumnya. Untuk hardware yang tergolong “pintar” ini, cisco memasukkan software sistem operasi khusus milik cisco yaitu Internetwork Operating System (IOS).

Cisco mengeluarkan sejumlah sertifikasi yang tersedia disesuaikan dengan tingkat kebutuhan terhadap pemahaman dari siswa/wi yang turut serta. Masing - masing sertifikasi mempunyai masa berlaku 3 tahun dan wajib mengikuti tes ulang untuk memperpanjang sertifikasi tersebut. Kondisi ini bertujuan untuk menjaga kualitas dari alumni CNA sehingga mereka tetap mampu meningkatkan pengetahuan di bidang teknologi jaringan yang sifatnya dinamis.

Sertifikasi Level Associate

Bagi skala pemula, bisa mengambil sertifikasi berjudul Cisco Certified Entry Networking Technician atau Cisco Certified Network Associate (CCNA). Bagi orang awam yang ada di Indonesia, sertifikasi CCNA merupakan yang paling populer dibandingkan dengan CCENT, dan merupakan salah satu sertikasi dasar sebelum anda melanjutkan menuju ke sertifikasi selanjutnya.

Setelah mengetahui tentang dasar - dasar jaringan, konsep, operasi dan penyelesaian masalah serta konfigurasi dasar terhadap keamanan jaringan, siswa/wi bisa mengambil lagi sertifikasi - sertifikasi lanjutan sifatnya lebih spesifik.

1.CCNA Security
2.CCNA Voice dan CCVP
3.CCNA Wireless

Selain dapat mempelajari bagaimana cara mengelola dan mengoperasi perangkat cisco, terdapat juga kurikulum untuk mengenal lebih jauh tentang bagaimana merancang susunan solusi perangkat cisco dalam berbagai kondisi dengan mengambil sertifikasi Cisco Certified Design Associate (CCDA).

Sertifikasi Expert (Ahli/Pakar)

Sertifikasi ini ada dua macam, Cisco Certified Design Expert (CCDE) adalah sertifikasi yang diberikan terhadap siswa/wi yang mampu melakukan tugas tergadap segala hal yang ada pada level sertifikasi di bawahnya dan mereka mampu melakukan optimalisasi, mengembangkan solusi serta dapat memberikan dukungan teknis maupun strategis secara berkelanjutan.

Yang kedua adalah Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE). Sertifikasi ini merupakan sertifikasi tertinggi di CNA. CCIE adalah salah satu tingkat ujian yang paling susah dan diharapkan akan mampu memahami dan membantu memperlancar tentang pengetahuan cisco baik hardware, software, solusi dan juga konsultasi.

Cara Mendapatkan Sertifikasi Cisco

Untuk anda yang berminat untuk menjadi seorang engineer yang handal dalam bidang networking perangkat Cisco ada baiknya mengikuti training Cisco yang ada di Intra Training Center. Disana anda dapat meningkatkan kemampuan dalam konfigurasi perangkat Cisco, didukung dengan instruktur berpengalaman akan membuat anda handal. Semoga bermanfaat !

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Jenis Sertifikasi Cisco dan Cara Mendapatkannya"

Post a Comment