Harbolnas dan Kiat Agar Anda Tidak Terlalu Boros Saat Belanja Online

Seo.antoniclianto.web.id - Kecanggihan teknologi saat ini bisa dibilang sudah tidak terbatas. Hampir semua lini kehidupan kini seolah sudah terhubung dengan teknologi dimulai dari segala aktivitas sederhana di rumah, hingga pekerjaan, bisnis dan bersosial sekalipun. Memang tidak dapat dipungkiri jika keberadaan teknologi masa kini memberikan segala bentuk kemudahan untuk kehidupan sehingga semua orang seolah sudah kecanduan. Salah satu yang paling kentara adalah munculnya aktivitas jual beli online yang sekarang kian gencar dilakukan. Untuk bisa semakin menggencarkan masyarakat dalam berpartisipasi belanja online, maka diadakanlah Harbolnas yang dirayakan tiap 12 Desember.


Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional merupakan hari yang diperingati untuk semakin menggerakkan masyarakat dalam meningkatkan pendapatan UKM dengan cara berbelanja secara online. Hari Belanja Online Nasional ini diadakan pertama kali di tahun 2012 yang menggandeng 7 e-commerce besar. Di tahun pertama perayaannya, momen Hari Belanja Online Nasional tidak begitu ramai diperbincangkan karena sebagian besar masyarakat masih belum mengenal cara belanja online. Meski begitu di tahun 2013 dan seterusnya, ternyata Hari Belanja Online Nasional mengalami perkembangan dengan semakin banyaknya e-commerce yang turut berpartisipasi.

Lalu mengapa Hari Belanja Online Nasional begitu heboh? Apa efeknya bagi para konsumen? Tentu saja ada! Hari Belanja Online Nasional ini diadakan demi memanjakan para pecinta belanja online dengan menyediakan ragam jenis diskon dan promo besar. Bahkan di momen Hari Belanja Online Nasional ini, diskon dan promo yang tersedia lebih heboh daripada ketika momen Tahun Baru, Lebaran hingga Natal sehingga pastinya akan banjir diskonan.

Memang diskon ketika Hari Belanja Online Nasional ini kerap menjadi pedang bermata dua bagi para konsumen karena di sisi lain bisa mendapat harga barang murah, namun di sisi lainnya juga bisa menjadikan kalap. Berikut ini beberapa kesalahan strategi yang kerap dilakukan oleh para konsumen ketika Hari Belanja Online Nasional:

1. Lupa Diri 

Mungkin sebelum Hari Belanja Online Nasional, Anda sudah meyakinkan diri jika tidak akan berbelanja banyak barang dan hanya akan membeli yang memang dibutuhkan. Namun begitu Hari Belanja Online Nasional tiba, maka melihat ragam diskon, bonus dan promo pun Anda jadi lupa diri. Anda bahkan membeli berbagai barang sebetulnya tidak diperlukan atau bahkan sudah dimiliki sebelumnya hanya karena alasan “lucu”. Tentu sangat lucu bukan?

2. Transaksi Saat Jam Sibuk

Jangan heran jika ketika Hari Belanja Online Nasional hampir semua situs belanja online menjadi sibuk mendadak sehingga server pusat menjadi error yang mengakibatkan Anda tidak bisa melanjutkan transaksi. Hal ini adalah karena Anda membeli di jam sibuk sehingga mengakibatkan demikian. Cobalah berbelanja di pagi hari buta atau tengah malam sehingga bisa lebih puas dalam mencari barang yang diinginkan.

3. Berlebihan Menggunakan Kartu Kredit 

Kartu kredit memang benda penolong di momen Hari Belanja Online Nasional seperti ini. Tapi bukan berarti kepemilikan kartu kredit boleh menjadikan Anda lupa pada batasnya. Terlalu sering menggesek kartu kredit demi belanja di Hari Belanja Online Nasional tentu cukup beresiko membengkaknya tagihan akhir bulan nantinya.

Itulah beberapa kesalahan strategi yang kerap dilakukan ketika momen Harbolnas tiba. Memang Hari Belanja Online Nasional bisa jadi pesta bagi para pecinta belanja online. Namun bukan berarti Anda bisa melakukannya tanpa strategi. Pastikan untuk memiliki daftar barang yang akan dibelanjakan dan tahu batasan pengeluaran sehingga bisa lebih bijak berbelanja.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Harbolnas dan Kiat Agar Anda Tidak Terlalu Boros Saat Belanja Online"

Post a Comment